Rokok di Kalangan Mahasiswa

on Minggu, 25 November 2012

Kebiasaan merokok di kalangan mahasiswa bukan hal yang biasa lagi kita dengar. Menurut penelitian yang ada,
ada banyak mahasiswa diseluruh Indonesia yang menggunakan rokok untuk dijdikan salah satu penghibur saat mereka menghadapi masalah, akan tetepi yang menjadi masalah besar yaitu mereka yang merokok sudah mengetahui apa dampak dari merokok.

Selain itu, kebiasaan merokok di universitas negeri juga diklaim bisa mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Sekelompok Pandangan mahasiswa dalam merokok menjadi suatu hiburan adalah hanya biasa-biasa saja.

Sebenarnya yang paling berbahaya diantara perokok pasif dan perokok aktif, perokok pasiflah yang berbahaya sebab perokok pasif menghisap asap rokok yang paling banyak. Rokok juga selain berbahaya juga bisa mematikan dan akan menimbulkan kecanduan kepada pemakainya. Merokok bagi orang dewasa bisa berbahaya apalagi bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Oleh Karena itu, merokok dilarang di sekolah maupun di luar sekolah.

Perilaku merokok merupakan hal yang biasa bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Dalam sepuluh tahun terakhir ini, konsumsi rokok di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 44,1% dan jumlah perokok mencapai 70% penduduk Indonesia. Begitu pula di kalangan mahasiswa Unima, dimana perilaku merokok ini sangat mudah dijumpai di setiap Fakultas di Unima. merokok adalah hak asasi dan mereka merasa kesulitan untuk berhenti merokok (Alan), namun berdasarkan hasil dari kami dan wawancara diketahui bahwa mereka sebenarnya mempunyai beban. Walaupun sebagian besar yakin bahwa merokok itu berbahaya., namun mereka tidak yakin mampu berhenti dan hanya berniat mengurangi saja.

Dampak positif dari merokok belum ditemukan di dalam sebuah artikel atau opini publik kecuali keuntungan bagi produsen dan pedagangnya. Yang ada adalah himbauan dan seruan dari berbagai pihak untuk menghindari yang namanya rokok. Namun demikian, sampai hari ini, meskipun sudah banyak himbauan dan peringatan akan bahaya merokok, tetapi tetap saja banyak orang di muka bumi ini yang merokok.Padahal, semua orang tahu bahwa dampak negatif dari merokok sangat banyak dan beragam bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti kandungan tar, nikotin, zat, dan gas kimia dalam rokok sudah menjadi rahasia umum berpotensi membenihkan sekian penyakit. (Di bungkusnya saja sudah ada peringatan).

1 komentar:

Posting Komentar